Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Bunga dari Daun Sirsak Melalui Media Video Tutorial bagi Anak Tunarungu SMPLB (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Serasih Payakumbuh)

Wahyuni, Vivi (2021) Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Bunga dari Daun Sirsak Melalui Media Video Tutorial bagi Anak Tunarungu SMPLB (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Serasih Payakumbuh). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_VIVI_WAHYUNI_15003140_5217_2021.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SLB Serasih Payakumbuh.Dari hasil wawancara ini diketahui bahwa pada saat jam keterampilan siswa ini mudah bosan dengan kegiatan yang dilakukan apalagi jika tidak ada guru yang mengawasi dan menemani anak melakukan kegiatan vokasionalnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar anak terutama dalam membuat bunga dari daun sirsak menggunakan media video tutorial dan memperbaiki permasalahan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metologi penelitian tindakan kelas yaitu untuk memperbaiki permasalahan atau kendala yang dihadapi guru selama kegiatan pembelajaran. Dalam pelaksanaannya peneliti akan berkolaborasi dengan guru untuk melakukan kegiatan ini. Peneliti sebagai pengamat dan guru sebagai pelaksana dari kegiatan keterampialan ini. Kegiatan ini akan dilakukan bersama dua orang siswa tunarungu berinisial ZFA dan FA. Hasil dari penelitian tentang meningkatkan keterampilan vokasional anak tunarungu dalam membuat bunga dari daun sirsak menggunakan video tutorial setelah diberikan tindakan pada siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan. Dari hasil penilaian pembelajaran anak selama dua siklus masing-masing sebagai berikut: kondisi awal ZFA 50% dan FA 63%. Pelaksanaan siklus I ZFA 66,6% dan meningkat pada siklus II menjadi 94,4%. Kemampuan FA pada siklus I meningkat menjadi 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Hal ini membuktikan bahwa media video tutorial dapat meningkatkan kemampuan vokasional anak tunarungu dalam membuat bunga dari daun sirsak di SLB Serasih Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN VOKASIONAL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Jan 2022 01:24
Last Modified: 04 Jan 2022 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36050

Actions (login required)

View Item View Item