Pelaksanaan Program Non Speech Oral Motor Exercises (NSOMEs) bagi Anak Cerebral Palsy: Deskriptif Kualitatif di Yayasan Special Kids Therapy and Special Education Pekanbaru

Ullya, Vika (2021) Pelaksanaan Program Non Speech Oral Motor Exercises (NSOMEs) bagi Anak Cerebral Palsy: Deskriptif Kualitatif di Yayasan Special Kids Therapy and Special Education Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_VIKA_ULLYA_170031581_5267_2021.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Peneliti ingin mengetahui proses dalam pelaksanaan program NSOMEs sehingga dapat mengatasi permasalahan oral motor pada anak cerebral palsy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan program NSOMEs bagi anak cerebral palsy, mendeskripsikan kendala serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala pelaksanaan program NSOMEs tersebut bagi anak cerebral palsy. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Terapis wicara di Yayasan Special Kids and Special Education Pekanbaru merupakan subjek penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahaan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah program NSOMEs terlaksana secara pasif dengan dominan kepada fungsional oral motor. Program NSOMEs dilaksanakan 2 kali seminggu dengan durasi 1 jam tiap pertemuan. Pelaksanaan program NSOMEs meliputi massage, jaw exercise, lip closure, tounge elevation, dan open close mouth. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan fungsional oral motor walau tidak signifikan. Kendala dalam menyusun program NSOMEs dan kesulitan orang tua menjalankan program NSOMEs di rumah. Solusinya adalah diperlukannya kreatifitas terapis wicara untuk menyusun program NSOMEs dengan sistematis dan mengupayakan diskusi bersama orang tua untuk dapat mengulangi kegiatan terapi di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CEREBRAL PALSY
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Jan 2022 01:14
Last Modified: 04 Jan 2022 01:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36049

Actions (login required)

View Item View Item