Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dengan Stres Akademik yang Dialami Siswa Selama Pandemi Covid-19

Addinia, Shafira (2021) Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dengan Stres Akademik yang Dialami Siswa Selama Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SHAFIRA_ADDINIA_17006032_5915_2021.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan dukungan sosial orang tua (2) mendeskripsikan stres akademik siswa (3) menguji hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan stres akademik yang dialami siswa selama pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 6 Padang. Jumlah sampel sebanyak 256 siswa yang dipilih dengan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dukungan sosial orang tua dan stres akademik dengan model skala Likert. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis korelasional dengan bantuan program SPSS for windows versi 20.0. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) dukungan sosial orang tua berada pada kategori tinggi. (2) stres akademik siswa berada pada kategori rendah (3) terdapat hubungan negatif yang signifikan dengan derajat hubungan kuat antara dukungan sosial orang tua dengan stres akademik yang dialami siswa selama pandemi covid-19, dimana koefisien korelasi rhitung ≥ rtabel yaitu -0,607 ≥ 0,138 dan nilai signifikansi 0,000. Artinya semakin tinggi dukungan sosial orang tua, maka semakin rendah stres akademik siswa, begitupun dengan sebaliknya semakin rendah dukungan sosial orang tua, maka semakin tinggi stres akademik siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRES AKADEMIK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Jan 2022 06:48
Last Modified: 03 Jan 2022 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36045

Actions (login required)

View Item View Item