Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Everyone is Teacher Here di Kelas IV SDN 02 Bukik Sikumpa Payakumbuh

Astuti, Rini (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Everyone is Teacher Here di Kelas IV SDN 02 Bukik Sikumpa Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RINI_ASTUTI_17129405_4718_2021.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Everyone is Teacher Here. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 17 orang yaitu 12 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan penelitian ini meliputi dua siklus yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan.Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan keterlaksanaan RPP, proses pelaksanaan, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumen analisis, tes, dan non tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada aspek a) keterlaksanaan RPP pada siklus I diperoleh rata-rata 84,05% dengan kualifikasi baik (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 95,45% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 80% dengan kualifikasi baik (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 90% dengan kualifikasi baik (B), c) pada aspek siswa siklus Idiperoleh rata-rata 77,5% dengan kualifikasi cukup (C), dan siklus II meningkat dengan rata-rata 92,5% dengan kualifikasi sangat baik (SB), d) pada hasil belajar siswa siklus I diperoleh rata-rata 69,43 dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 83,57. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Everyone is Teacher Here dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL EVERYONE IS TEACHER HERE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Jan 2022 06:48
Last Modified: 03 Jan 2022 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36044

Actions (login required)

View Item View Item