Efektivitas Video Tutorial untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Mewarnai Masker Motif Batik Teknik Ikat Celup (Tie Dye) bagi Anak Tunarungu: Quasi Eksperimen Kelas VII di SLB Negeri 2 Padang

Illahia, Kintan Annisa (2021) Efektivitas Video Tutorial untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Mewarnai Masker Motif Batik Teknik Ikat Celup (Tie Dye) bagi Anak Tunarungu: Quasi Eksperimen Kelas VII di SLB Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_KINTAN_ANNISA_ILLAHI_17003013_4967_2021.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dimiliki 5 orang anak tunarungu di SLB Negeri 2 Padang pada siswa tunarungu kelas VII. Peneliti sebelumnya melaksanakan wawancara terlebih dahulu kepada guru kelas beserta guru keterampilan di sekolah. Berdasarkan hasil wawancara, diperoleh informasi bahwa keterampilan batik teknik ikat celup (tie dye) pernah dilaksanakan. Namun, sekolah hanya mengajarkan cara pewarnaan pada kain polos yang belum dijahit dengan metode pembelajaran langsung. Siswa ketika belajar keterampilan tersebut terlihat merasa bosan dan juga kurang menarik perhatiannya. Maka dari itu, sekolah melaksanakan keterampilan tersebut hanya dilakukan beberapa kali. Kemudian, dari informasi tersebut peneliti ingin melaksanakan sebuah pembelajaran yang menarik bagi siswa, yaitu melalui media video tutorial. Karena video tutorial juga jarang sekali digunakan oleh sekolah dalam proses pembelajaran. Metode penelitian ini yaitu Quasi eksperimen yang terdiri atas: Tahap pertama pre-test untuk mengetahui kondisi kemampuan awal siswa. Tahap kedua berupa treatment, yaitu pemberian perlakuan kepada siswa (video tutorial) dalam pewarnaan masker tie dye sebanyak 4 kali. Tahapan terakhir berupa post-test untuk mengetahui kemampuan siswa setelah diberikan treatment. Nilai yang diperoleh dari tahap pre-test dan post-test diolah dengan Uji Wilcoxon, berguna untuk memperoleh perbandingan dan menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data melalui Uji Wilcoxon terhadap kemampuan siswa dalam mewarnai masker tie dye, terbukti bahwa media video tutorial efektif untuk meningkatkan keterampilan vokasional mewarnai masker motif batik teknik ikat celup (tie dye) di SLB Negeri 2 Padang. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menggunakan video tutorial mewarnai masker tie dye.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MASKER TIE DYE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Dec 2021 07:04
Last Modified: 28 Dec 2021 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35999

Actions (login required)

View Item View Item