Hubungan Komunikasi Interpersonal Instruktur dengan Partisipasi Warga Belajar pada Sanggar Tari Permata Hati Kota Padang

Zulmi, Hanifa (2021) Hubungan Komunikasi Interpersonal Instruktur dengan Partisipasi Warga Belajar pada Sanggar Tari Permata Hati Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_HANIFA_ZULMI_16005085_5913_2021.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap gambaran mengenai komunikasi interpersonal instruktur, partisipasi warga belajar pada Program Pelatihan Tari Di LKP Sanggar Permata Hati Kota Padang, dan mengungkapkan hubungan komunikasi interpersonal instruktur dengan partisipasi warga belajar pada Sanggar Tari Permata Hati Kota Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah warga belajar pelatihan tari di LKP Sanggar Permata Hati Kota Padang pada periode 2019 yang berjumlah 34 orang dan sampel sebanyak 70% yaitu 24 orang dengan teknik penarikan sampel yaitu cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan alat yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus Spearman Rho. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) komunikasi interpersonal instruktur pada program pelatihan tari di LKP Sanggar Permata Hati Kota Padang rendah; 2) partisipasi warga belajar pada program pelatihan tari di LKP Sanggar Permata Hati Kota Padang tergolong rendah; 3) adanya hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal instruktur dengan partisipasi warga belajar pada Sanggar Tari Permata Hati Kota Padang. Saran penelitian ini adalah diharapkan kepada pengelola LKP Sanggar Permata Hati Kota Padang agar dapat mendorong instruktur lebih memperhatikan komunikasi secara interpersonal, akrab dan hangat kepada warga belajar demi tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI INTERPERSONAL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Dec 2021 07:03
Last Modified: 28 Dec 2021 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35997

Actions (login required)

View Item View Item