Sertifikasi Kompetensi Peserta Menjahit Pakaian Anak-Anak dan Orang Dewasa di Lembaga Kursus Dan Pelatihan Anggrek Padang

Rahayu, Dewi (2021) Sertifikasi Kompetensi Peserta Menjahit Pakaian Anak-Anak dan Orang Dewasa di Lembaga Kursus Dan Pelatihan Anggrek Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_DEWI_RAHAYU_17005111_5311_2021.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan lembaga dalam meningkatkan sertifikasi kompetensi pelatihan dan untuk mengetahui upaya yang dilkukan peserta dalam mendapatkan sertifikasi kompetensi. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif selalu memiliki karakter tersendiri. Artinya penelitian kualitatif dilakukan dengan pengaturan yang alamiah, dan peneliti dijadikan sebagai instumen utama dalam kegiatan penelitian dan pengumpulan data berfokus pada makna sesuai dengan apa yang dikatakan oleh peserta. Sumber data dalam penelitian ini adalah penggelola serta instruktur LKP, pendamping pelatihan dan peserta pelatihan. Teknik penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu dengan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) sertifikasi kompetensi bisa didapatkan oleh peserta pelatihan dengan memenuhi tahap-tahap tertentu, mengikuti kegiatan pelatihan dengan waktu yang telah ditetapkan, (2) kompetensi pesrrta pelatihan bisa dilihat dengan mengadakan kegiatan uji kompetensi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran (1) lembaga dapat mempertahankan kompetensi bahkan memingkatkan kompetensi peserta pelatihan, (2) lembaga dapat memberikan sarana atau peluang kerja dan usaha bagi peserta pelatihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SERTIFIKASI KOMPETENSI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Dec 2021 06:49
Last Modified: 27 Dec 2021 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35981

Actions (login required)

View Item View Item