Peningkatan Proses Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Media Video di Kelas IV SDN 21 Surabayo Kab. Agam

Utami, Annisa Rahmatita (2021) Peningkatan Proses Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Media Video di Kelas IV SDN 21 Surabayo Kab. Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ANNISA_RAHMATITA_17129191_4861_2021.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan Media video. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa di kelas IV SDN21 Surabayo Kab. Agam yang berjumlah 26 orang peserta didik, 13 orang peserta didik perempuan,dan 13 orang peserta didik laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan RPP pada siklus I menunjukkan rata-rata 80,55% dengan kualifikasi B (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 91,66% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik). Nilai rata–rata aspek guru siklus I diperoleh 79,16% dengan kualifikasi C (Cukup) dan meningkat pada siklus II 91,66dengan kualifikasi SB (Sangat Baik). Nilai rata-rata aspek peserta didik siklus I diperoleh 79,16% dengan kualifikasi C (Cukup), dan siklus II meningkat 91,66% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik). Penilaian hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata diperoleh 79,51 dengan kualifikasi C (Cukup) dan meningkat pada siklus II 88,30% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan Media video dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas IV SDN 21 Surabayo Kab. Agam. Kata Kunci : Proses Belajar, Pembelajaran Tematik Terpadu, Media Video

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Dec 2021 01:50
Last Modified: 27 Dec 2021 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35974

Actions (login required)

View Item View Item