Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give di Kelas V SDN 22 Magek Kabupaten Agam

Chintya, Debby (2020) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give di Kelas V SDN 22 Magek Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_DEBBY_CHINTYA_16129300_1211_2020.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas V SDN 22 Magek Kabupaten Agam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give di kelas V SDN 22 Magek Kabupaten Agam. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 22 Magek Kabupaten Agam dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta peserta didik di kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata 80,5% (B), meningkat menjadi 91,6% (AB) di siklus II. Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 78,7% (C), meningkat menjadi 87,5% (B) pada siklus II. Aspek peserta didik di siklus I diperoleh rata-rata 72,5% (C), meningkat menjadi 85% (B) pada siklus II. Pada rata-rata hasil belajar peserta didik di siklus I diperoleh rata-rata 70,5 (C), meningkat menjadi 82 (B) pada siklus II. Dengan demikian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran tematik terpadu di SDN 22 Magek Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:11
Last Modified: 24 Feb 2022 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35967

Actions (login required)

View Item View Item