Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Edukasi Bernuansa Spiritual tentang Materi Sistem Reproduksi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas IX SMP

Putri, Mia Marta (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Edukasi Bernuansa Spiritual tentang Materi Sistem Reproduksi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas IX SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MIA_MARTA_PUTRI_17031023_2954_2021.pdf

Download (724kB) | Preview

Abstract

Materi sistem reproduksi pada manusia merupakan materi yang cukup sulit dipahami oleh peserta didik di SMP karena materi ini bersifat asbtrak. Materi sistem reproduksi pada manusia sebaiknya dikaitkan dengan agama/spiritual, sebab ada bagian-bagian yang langsung berkaitan dengan agama. Pemahaman materi tersebut dapat dibantu dengan media yang tepat agar peserta didik dapat termotivasi dan meningkatkan kecerdasan spiritualnya sehingga terbentuk moral dan sikap yang lebih baik. Media yang dapat digunakan oleh peserta didik berupa komik edukasi bemuansa spiritual. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan komik edukasi bemuansa spiritual yang valid dan praktis. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan 3 tahap dari model 4D, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop). Waktu pelaksanaan penelitian adalah Juni 2020-Juni 2021. Penelitian dilaksanakan di Jurusan Biologi FMIPA UNP dan SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Subjek penelitian adalah 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru IPA SMP sebagai validator. Untuk uji praktikalitas 25 orang peserta didik Kelas IX SMP dan seorang guru IPA SMP. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif berupa persentase. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, telah dihasilkan produk berupa komik edukasi bemuansa spiritual tentang materi sistem reproduksi pada manusia untuk peserta didik Kelas IX SMP. Hasil validitas dengan nilai rata-rata 82,7 5%, memenuhi kriteria valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru dengan nilai rata-rata 94,23% memenuhi kriteria sangat praktis, dan hasil uji praktikalitas oleh peserta didik dengan nilai rata-rata 96,85% memenuhi kriteria sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa komik edukasi bemuansa spiritual tentang materi sistem reproduksi pada manusia untuk peserta didik Kelas IX SMP yang dikembangkan telah valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Dec 2021 03:19
Last Modified: 23 Dec 2021 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35910

Actions (login required)

View Item View Item