Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Menggunakan Model Somatic Auditory Visual and Intellectual Untuk Kelas IV Sekolah Dasar.

Nofrianni, Elvima (2019) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Menggunakan Model Somatic Auditory Visual and Intellectual Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ELVIMA_NOFRIANNI_17124087_1785_2019.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil analisis bahan ajar membaca pemahaman untuk kelas IV Sekolah Dasar, ditemui beberapa permasalahan mengenai bahan ajar membaca pemahaman yaitu: bahan ajar kurang memuat tahapan prabaca, saat baca, dan pascabaca, peserta didik langsung diminta untuk menjawab pertanyaan tampa melewati tahapan membaca yang semestinya, indikator pembelajaran membaca sebagaimana mestinya tidak terlihat pada bahan ajar, tampilan warna dan gambar pada bahan ajar kurang bervariasi, teks yang dipelajarai kuarng menarik perhatian peserta didik, guru hanya menggunakan satu buku paket yang disediakan di sekolah, guru kurang mengarahkan peserta didik pada tahapan membaca sehingga peserta didik kesulitan dalam membuat prediksi, memahami isi teks, membuat kesimpulaan dari teks yang dibaca. Dengan demikian, perlu diberi solusi berupa pengembangan bahan ajar membaca pemahaman menggunakan model Somatic Auditory Visual and Intellectual. Tujuan yang hendak dicapai dalam upaya pengembangan bahan ajar ini adalah menghasilkan bahan ajar membaca pemahaman yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Rancangan yang telah didesain kemudian divalidasi oleh 3 orang ahli dan 3 orang praktisi pendidikan kemudian diuji coba secara terbatas di kelas IV SDN 19 Talang Kec. Lengayang Pesisir Selatan untuk mengetahui praktikalitas dan efektivitas bahan ajar yang dikembangkan. Tahap penyebaran dilakukan pada skala terbatas. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan, validitas pengembangan bahan ajar membaca pemhaman menggunakan model Somatic Auditory Visual and Intellectual berada dalam kategori sangat valid, dilihat dari validasi RPP dan validasi bahan ajar. Praktikalitas bahan ajar membaca pemahaman menggunakan model Somatic Auditory Visual and Intellectual berada dalam kategori sangat praktis, dilihat dari segi keterlaksanaan RPP, respon guru, respon peserta didik serta observasi penggunaan bahan ajar. Efektifitas bahan ajar membaca pemahaman menggunakan model Somatic Auditory Visual and Intellectual berada dalam kategori sangat baik, dilihat dari aktivitas peserta didik dan dari penilaian proses membaca pemahaman. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar membaca pemahaman menggunakan model Somatic Auditory Visual and Intellectual yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman untuk kelas VI SD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 23 Dec 2021 03:19
Last Modified: 23 Dec 2021 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35909

Actions (login required)

View Item View Item