Pengaruh Metode Treasure Hunt Game Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SDN 35 Jembatan Babuai Kecamatan Padang Selatan Kota Padang

Mufti, Dhini (2019) Pengaruh Metode Treasure Hunt Game Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SDN 35 Jembatan Babuai Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_DHINI_MUFTI_16124018_1054_2019.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang bersifat terpusat pada guru ini belum melibatkan partisipasi siswa secara menyeluruh, sehingga peserta didik lebih banyak diam, cenderung pasif dalam pembelajaran baik itu pembelajaran secara klasikal maupun kelompok, dari aspek pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu, guru melaksanakan pembelajaran tematik terpadu masih terpisah-pisah. proses pembelajaran di atas berdampak terhadap proses dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dimana hasil belajar siswa belum dapat tercapai secara maksimal. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan metode treasure hunt game. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode treasure hunt game terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas IV SDN 35 Jembatan Babuai Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan bentuk nonequivalent pretest posttes-onlycontrol group desain. Teknik sampelnya yaitu cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok eksperiment kelas IV B menggunakan metode Treasure Hunt Game dan kelompok kontrol kelas IV A menggunakan metode konvensional, masing-masing berjumlah 20 siswa. Instrument penelitiannya yaitu tes objektif dan angket aktivitas belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas belajar siswa yang diteliti dalam penelitian ini adalah aktivitas visual, aktivitas lisan, aktivitas mendengarkan, aktivitas drawing, aktivitas mental, dan aktivitas menulis. Sedangkan hasil belajar yang diteliti dalam penelitian ini adalah pengetahuan,sikap, dan keterampilan. Hal ini ditunjukkan dengan analisis data menggunakan uji t. hasil posttestt aktivitas belajar diperoleh thitung = 2,413 dengan ttable = 2,024 pada taraf signifikansi α = 0,05. Selanjutnya pretest hasil belajar diperoleh t hitung = -1,385 dan posttest diperoleh thitung = 3,2418 dengan ttabel = 2,024 pada taraf signifikansi α = 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Treasure Hunt Game terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas IV SDN 35 Jembatan Babuai Kecamatan Padang Selatan Kota Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 23 Dec 2021 03:18
Last Modified: 23 Dec 2021 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35900

Actions (login required)

View Item View Item