Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV B UPTD SPF SD Negeri Pulo Sarok Kabupaten Aceh Singkil.

Khairudin, Khairudin (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV B UPTD SPF SD Negeri Pulo Sarok Kabupaten Aceh Singkil. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_KHAIRUDIN_2783_17129455_2021.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di UPTD SPF SD Negeri Pulo Sarok Kabupaten Aceh Singkil, ditemukan bahwa dalam proses pembelajaran guru masih mengajar secara teacher center, serta guru kurang mengaitkan masalah-masalah yang nyata yang dekat dengan keadaan lingkungan sehari-hari siswa, sehingga hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model problem based learning (PBL) di kelas IV B UPTD SPF SD Negeri Pulo Sarok Kabupaten Aceh Singkil . Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pada penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Prosedur penelitian ini teerdiri dari a) Perencanaan, b) Pelaksanaan, c) Pengamatan, dan d) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2020/2021 dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV B UPTD SPF SD Negeri Pulo Sarok Kabupaten Aceh Singkil dengan jumlah 21 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan penilaian RPP pada siklus 1 rata-rata 79,7% (B), meningkat pada siklus II 96,87% (SB). Penilaian aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata 77% (B), meningkat pada siklus II 92,85% (SB). Penilaian aktivitas siswa siklus I rata-rata 77% (B), meningkat pada siklus II 92,85% (SB). Penilaian hasil belajar Siklus 1 rata-rata 71.52% (B), meningkat pada siklus II 96.25% (SB). Berdasarkan hasil tersebut, pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatakan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV B UPTD SPF SD Negeri Pulo Sarok Kabupaten Aceh Singkil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik Terpadu,model Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Dec 2021 01:00
Last Modified: 22 Dec 2021 01:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35853

Actions (login required)

View Item View Item