Pengembangan E-Content Berbasis Problem Based Learning untuk Membangun Self Learning Awareness pada Materi Termokimia untuk Siswa Kelas XI SMA/MA

Sholehan. M, Rizki (2021) Pengembangan E-Content Berbasis Problem Based Learning untuk Membangun Self Learning Awareness pada Materi Termokimia untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_RIZKI_SHOLEHAN_M_17035111_5155_2021.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-content berbasis problem based learning untuk membangun self learning awareness siswa, mengungkapkan tingkat validitas dari segi kevalidan isi dan konstruk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Plomp. Terdapat tiga tahap didalam model Plomp yaitu penelitian awal, pembentukan prototipe, dan tahap penilaian. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dalam bentuk validitas isi dan validitas konstruk. E- content divalidasi oleh 11 orang validator diantaranya 7 orang validator isi dan 4 orang validator media. Data dianalisis dengan menggunakan indeks Aiken's V untuk validasi isi dan konstruk. Hasil validitas isi mendapatkan nilai rata-rata Aiken's V sebesar 0,83 dengan kategori valid meliputi beberapa aspek diantaranya aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, dan aspek penyajian. Hasil uji validitas konstruk menunjukkan nilai rata-rata Aiken's V sebesar 0,94 dengan kategori valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-content berbasis problem based learning untuk membangun self learning awareness yang dikembangkan sudah valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Dec 2021 07:21
Last Modified: 17 Dec 2021 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35811

Actions (login required)

View Item View Item