Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Di Kelas IV SD Negeri 04 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh Kota

Azzahra, Hanifah (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Di Kelas IV SD Negeri 04 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_HANIFAH_AZZAHRA_4240_17129216_2021.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan proses pembelajaran yang belum dilaksanakan dengan optimal. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh Kota. Pada saat proses pembelajaran peserta didik juga terlihat kurang aktif terlibat dan kurang berani berbicara untuk mengemukakan pendapatnya. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan model Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik menggunakan model Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan dua jenis pendekatan, kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh Kota. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Datapenelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : a) RPP siklus I rata-rata 85.22% (baik) dan siklus II 93.18% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I rata-rata 82.5% (baik) dan siklus II 90% (baik), sedangkan aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I rata-rata 82.5% (baik), dan siklus II 90% (baik), c) Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 73.69 (cukup) dan siklus II dengan rata-rata 82.21 (baik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri 04 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Think Pair Share (TPS), Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Dec 2021 07:01
Last Modified: 16 Dec 2021 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35797

Actions (login required)

View Item View Item