Pengembangan Booklet sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Materi Protista untuk Kelas X SMA/MA

Ulandari, Titin (2021) Pengembangan Booklet sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Materi Protista untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_TITIN_ULANDARI_17031187_3102_2021.pdf

Download (666kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar merupakan desain dari materi yang diwujudkan dalam benda yang dapat digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X MAN 2 Padang, diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan sudah beragam. Meskipun demikian, pembahasan materi pada bahan ajar masih terbatas secara tekstual dan wama pada gambar masih bersifat monoton. Selain itu, buku teks yang berukuran tebal juga membuat peserta didik kesulitan dalam membawanya. Peserta didik juga kesulitan memahami materi yang bersifat abstrak dan tidak dapat diamati langsung. Materi protista memiliki persentase tertinggi sebagai materi yang sulit menurut peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, maka salah satu altematif yang dapat dilakukan adalah mengembangkan sebuah bahan ajar berupa booklet yang dapat dijadikan sebagai suplemen pada materi protista untuk kelas X SMA/ MA. Keunggulan dari booklet adalah berukuran kecil dan praktis, penyampaiannya lebih ringkas, tampilan menarik dan informatif, tidak tergantung kepada ketersediaan jaringan internet dan perangkat elektronik lainnya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dibatasi sampai tiga tahap yaitu define, design, dan develop. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket observasi, angket uji validitas, dan angket uji respon. Uji validitas dilakukan oleh 3 orang ahli yang terdiri dari 2 orang dosen Biologi dan 1 orang guru Biologi. Sedangkan untuk uji respon dilakukan oleh 1 orang guru Biologi dan 28 orang peserta didik kelas X. Nilai hasil uji validitas booklet oleh validator adalah 91,34% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji respon guru Biologi diperoleh nilai 98,81 % dengan kriteria sangat praktis dan hasil uji respon peserta didik yaitu 82,58% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa booklet layak dijadikan sebagai suplemen bahan ajar pada materi protista.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Materi Protista
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Dec 2021 07:31
Last Modified: 15 Dec 2021 07:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35784

Actions (login required)

View Item View Item