Persepsi Siswa Kelas XI MIA SMAN 2 Sungai Penuh terhadap Pembelajaran Online Biologi Menggunakan Google Classroom di Masa Pandemi Covid-19

Amelia, Yosi (2021) Persepsi Siswa Kelas XI MIA SMAN 2 Sungai Penuh terhadap Pembelajaran Online Biologi Menggunakan Google Classroom di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_YOSI_AMELIA_17031120_3253_2021.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Pendidikan dan pembelajaran termasuk biologi saat ini tidak dilakukan seperti biasanya (tatap muka) dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Kebijakan pemerintah untuk membatasi interaksi siswa di sekolah selama masa pandemi ini yaitu dengan menerapkan pembelajaran pembelajaran online. Pembelajaran online menggunakan google classroom ini menimbulkan persepsi yang berbeda-beda bagi setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa kelas XI MIA SMAN 2 Sungai Penuh terhadap pembelajaran online biologi di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket berisi butir pernyataan dengan tiga dimensi fokus penelitian yaitu dimensi materi dan metode pembelajaran, suasana/lingkungan belajar dan interaksi belajar selama belajar. Angket disebarkan kepada 140 orang sampel dari 213 orang populasi dengan teknik pengambilan sampel yaitu proportional random sampling. Prosedur penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan akhir. Data penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran online biologi menggunakan google classroom di masa pandemi Covid-19 termasuk kategori sedang yaitu 61,11 %, sangat positif 0%, positif 22,22%, negatif 16,67% dan sangat negatif 0%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Online, Google Classroom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Dec 2021 04:24
Last Modified: 15 Dec 2021 08:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35763

Actions (login required)

View Item View Item