Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 01 Batipuah Baruah Kabupaten Tanah Datar

Latif, Ardiyan (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 01 Batipuah Baruah Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_ARDIYAN_LATIF_2788_17129004_2021.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga reaksi siswa cenderung pasif dan kurang berminat dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik terpadu.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Batipuah Baruah Kabupaten Tanah Datar. Prosedur penelitan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan instrumen penelitian adalah observasi,tes dan non tes.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I memperoleh rata-rata presentase 81,94% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi sangat baik (A), b) aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata persentase 85,71% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik (A), c)aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata persentase 80,35% dengan kualifikasi baik (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik (A), dan d) hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata hasil belajar 75,28 dengan predikat (C) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 87,05 dengan predikat (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Dec 2021 06:55
Last Modified: 14 Dec 2021 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35750

Actions (login required)

View Item View Item