Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 12 Koto Gadang Anam Koto Kabupaten Agam

Ulkhairi, Annisa (2021) Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 12 Koto Gadang Anam Koto Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_ANNISA_ULKHAIRI_2784_17129010_2021.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran tematik terpadu yang belum sesuai dengan yang diharapkan, dimana dalam kegiatan pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered learning) sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, dalam mengajar guru belum menerapkan langkah-langkah yang ada di RPP dan masih terlihat adanya pemisah antar mata pelajaran (keterkaitan antar mata pelajaran tidak terlihat). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu dengan penerapan model Mind Mapping pesera didik kelas V SDN 12 Koto Gadang Anam Koto Kabupaten Agam.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SDN 12 Koto Gadang Anam Koto Kabupaten Agam dengan jumlah 13 orang peserta didik yang terdiri dari 8 perempuan dan 6 laki-laki. Prosedur penelitian meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berasal dari hasil pengamatan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) Penilaian RPP siklus I dengan presentase rata - rata 93,03% kualifikasi sangat baik dan semakin meningkat pada siklus II dengan presentase 97,2% kualifikasi sangat baik. b) Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I dengan taraf keberhasilan rata - rata 96,25% kualifikasi sangat baik dan meningkat pada siklus II dengan taraf keberhasilan 97,5% kualifikasi sangat baik. c) Hasil pengamatan aktivitas peserta didik pada siklus I dengan taraf keberhasilan rata – rata 90% kualifikasi sangat baik dan meningkat pada siklus II dengan taraf keberhasilan 95% kualifikasi sangat baik. d) Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I dengan rata-rata 72,11 kualifikasi baik, dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 83,34 kualifikasi sangat baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Tematik terpadu, Model Mind Mapping
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Dec 2021 06:54
Last Modified: 14 Dec 2021 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35747

Actions (login required)

View Item View Item