Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Value Clarification Technique (VCT) Percontohan di Kelas IV SD Negeri 06 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat.

Sholeha, Anna (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Value Clarification Technique (VCT) Percontohan di Kelas IV SD Negeri 06 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_ANNA_SHOLEHA_5037_17129295_2021.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik, dimana dalam proses pembelajaran guru belum mengembangkan model pembelajaran yang inovatif yang mengaitkan pembinaan nilai yang tertanam pada diri peserta didik. Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada tematik terpadu menggunakan model Value Clarification Technique(VCT) percontohan di kelas IV SD Negeri 06 Luhak Nan Duo Pasaman Barat.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang diilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik SDN 06 Luhak Nan Duo sebanyak 14 orang, 7 orang peserta didik laki-laki dan 7 orang peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Perencanaan siklus 1 memperoleh rata-rata 79,68% dengan kualifikasi cukup (C), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikadi sangat baik (SB). Pelaksanaan pembelajaran siklus I aspek guru memperoleh nilai rata-rata 82,81% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II memperoleh nilai 93,75% dengan kualifikais sangat baik (SB). Aspek peserta didik memperoleh nilai 82,81 % dengan kualifikasi baik (B), meningkat siklus II memperoleh nilai 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar siklus I memperoleh skor 77,63 dengan kualifikasi cukup (C), dan meningkat pada siklus II 86,41 dengan kualifikasi Baik (B). Dapat disimpulkan bahwa model Value Clarification Technique (VCT) percontohan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 06 Luhak Nan Duo Kabupaaten Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:01
Last Modified: 14 Dec 2021 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35745

Actions (login required)

View Item View Item