Hubungan Stres Akademik dengan Perilaku Plagiat Pada Mahasiswa.

Wahyuni, Nabila (2021) Hubungan Stres Akademik dengan Perilaku Plagiat Pada Mahasiswa. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_05_NABILA_WAHYUNI_2140_17006019-2021.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Perguruan Tinggi menjadi tempat bagi mahasiswa dalam menuntut ilmu pendidikan. Selama proses pendidikan mahasiswa dihadapkan dengan berbagai tuntutan dan tanggung jawab, seperti adanya tugas-tugas akademik yang harus dikerjakan. Tugas-tugas akademik tersebut tentunya memiliki tingkat kesulitan dan harus dikumpulkan sesuai jangka waktu yang telah ditetapkan, hal ini tentunya memicu terjadinya tindakan-tindakan kecurangan dalam akademik seperti perilaku plagiat. Faktor yang mempengaruhi perilaku plagiat ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pada faktor internal disebutkan salah satu faktor penyebab terjadinya perilaku plagiat adalah adanya tekanan/stres. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai stres akademik, perilaku plagiat serta bagaimana hubungan stres akademik dengan perilaku plagiat pada mahasiswa.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan pendekatan analisis korelasional dengan populasi sebanyak 434 mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2017 dan 2018. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin dan teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu teknik Proportional Random Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 208 mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan 2017 dan 2018. Instrumen pengumpulan data adalah angket stres akademik dan angket perilaku plagiat mahasiswa yang menggunakan skala likert. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif dan untuk menguji hubungan kedua variabel digunakan rumus Pearson Product Moment Correlation dengan menggunakan program Statical Product and Service Solution (SPSS) versi 20.0 for windows. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) stres akademik mahasiswa berada pada kategori tinggi, (2) perilaku plagiat mahasiswa berada pada kategori sedang, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan dengan derajat hubungan kuatantara stres akademik dengan perilaku plagiat pada mahasiswa dengan koefisien korelasi rhitung ≥ rtabel yaitu 0,653 ≥ 0,138 dan nilai signifikansi sebesar 0,000, artinya semakin tinggi stres akademik maka semakin tinggi perilaku plagiat pada mahasiswa, begitupun sebaliknya semakin rendah stres akademik maka semakin rendah pula perilaku plagiat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stres Akademik, Perilaku Plagiat Pada Mahasiswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:01
Last Modified: 14 Dec 2021 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35739

Actions (login required)

View Item View Item