Efektivitas Media I-CHAT (I Can Hear And Talk) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis (Menyusun Pola Kalimat) Bagi Anak Tunarungu di SLB Wacana Asih Padang

Syaputri, Vebbyo (2021) Efektivitas Media I-CHAT (I Can Hear And Talk) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis (Menyusun Pola Kalimat) Bagi Anak Tunarungu di SLB Wacana Asih Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_VEBBYO_SYAPUTRI_16003050_4094_2021.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan I-CHAT (I Can Hear and Talk) untuk meningkatkan keterampilan menyusun pola kalimat pada anak tunarungu di SLB Wacana Asih. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Metode eksperimen digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu yang diberikan sengaja oleh peneliti. Metode ini pada prinsipnya dapat didefinisikan sebagai metode sistematis untuk membangun hubungan yang mengandung fenomena sebab-akibat (causal-effect relationship). Subjek penelitian ini adalah anak tunarungu kelas VI di SLB Wacana Asih yang berjumlah 5 orang. Kegiatan ini dilaksanakan 1 kali pre-test, 4 kali treatment dan 1 kali post-test yaitu 6 kali pertemuan. Hasil analisis data diperoleh Z hitung sebesar -2,023 dan Asymp. Sig(2-tailed) = 0,043 dengan taraf signifikansi (α) sebesar 5% atau 0,05. Diketahui bahwa Asymp. Sig(2-tailed)= 0,043 < α=0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ha yang berbunyi “I-CHAT (I Can Hear and Talk) efektif untuk meningkatkan keterampilan menyusun pola kalimat pada anak tunarungu” dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: POLA KALIMAT
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:11
Last Modified: 09 Dec 2021 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35692

Actions (login required)

View Item View Item