Strategi Dalam Meningkatkan Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Dua

Rozi, Fachrul (2021) Strategi Dalam Meningkatkan Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Dua. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_FACHRUL_ROZI_17233025_5112_2021.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuistrategi dalam meningkatkan penyampaian surat pemberitahuan tahunan pajak penghasilam orang pribadi di kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Dua. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Padang Dua yang beralamat di jalan Pemuda No 49, Olo, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat, dimana dalam penelitian ini menggambarkan Strategi yang dilakukan kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Dua dalam meningkatkan penyampaian surat pemberitahuan tahunan pajak penghasilan orang pribadi. Teknik pengumpulan data melalui Dokumentasi dan Wawancara. Penulis mengumpulkan data langsung dari instansi terkait. Data yang diteliti berupa data Jumlah Wajib Pajak Terdaftar Tahunan dan Jumlah Wajib Pajak yang Menyampaikan Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi tahun 2017-2019 pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Dua.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlu strategi dalam meningkatkan pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan pada Kantor pelayanan Pajak Pratama Padang Dua yaitu dengan meningkatkan Memberikan edukasi kepada wajib pajak baru atau wajib pajak yang tidak mengerti cara pelaporan, perhitungan dan pembayaran pajak. Wajib pajak diberi pengawasan melalui Surat Teguran Pajak bagi wajib pajak yang telat ataupun lupa melaporkan pajaknya. Dengan melakukan sosialisasi dengan membuka kelas pajak dan pojok pajak. Melakukan berbagai cara seperti mempermudah bagi wajib pajak dengan adanya aplikasi e�SPT untuk melaporkan pajaknya secara online. Artinya Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Padang Dua telah mampu melakukan Manajemen Pajak terutama dalam meningkatkan pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:10
Last Modified: 09 Dec 2021 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35680

Actions (login required)

View Item View Item