Hubungan Antara Pemahaman Orang tua tentang Perkembangan Motorik Halus dengan Pemberian Stimulus Pada Anak Disekitar Perumahan Tabing Indah Pasar Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan

Utari, Dwi Fahira (2021) Hubungan Antara Pemahaman Orang tua tentang Perkembangan Motorik Halus dengan Pemberian Stimulus Pada Anak Disekitar Perumahan Tabing Indah Pasar Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_04_DWI_FAHIRA_UTARI_3531_17005013_2021.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemberian stimulus oleh orang tua kepada anak di sekitar Perumahan Tabing Indah, Pasar Baru, Bayang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pemahaman orang tua tentang perkembangan motorik halus; 2) mendeskripsikan pemberian stimulus pada anak; dan 3) melihat hubungan pemahaman orang tua tentang perkembangan motorik halus dengan pemberian stimulus pada anak di sekitar Pasar Perumahan Tabing Indah Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua sebanyak 20 orang dan sampel sebanyak 14 orang tua. Teknik pengumpulan data berupa butiran soal dan angket. Teknik melihat gambaran Pemahaman orang tua tentangperkembangan motorik halus menggunakan rumus presentase, untuk melihat gambaran pemberian stimulus menggunkan rumus presentaseTeknik analisis data menggunakan rumus korelasi Spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman orang tua terhadap perkembangan motorik halus rendah, (2) pemberian stimulus pada anak rendah, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman orang tua tentang perkembangan motorik halus dengan pemberian stimulus pada anak di sekitar perumahan tabing indah pasar baru bayang. Disarankan agar orang tua meningkatkan pengetahuan tentang pengaruh stimulasi terhadap perkembangan motorik halus anak agar perkembangannya lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Dec 2021 01:35
Last Modified: 08 Dec 2021 01:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35667

Actions (login required)

View Item View Item