Hubungan antara Metode Demonstrasi dengan Keaktifan Belajar Peserta Diklat 3 in 1 Operator Junior Custome Made Wanita di Balai Diklat Industri Padang

Sukma, Arindha (2021) Hubungan antara Metode Demonstrasi dengan Keaktifan Belajar Peserta Diklat 3 in 1 Operator Junior Custome Made Wanita di Balai Diklat Industri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_04_ARINDHA_SUKMA_3540_7005060_2021.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keaktifan peserta diklat dalam mengikuti diklat 3 in 1 Operator Junior Custome Made Wanita di Balai Diklat Industri Padang, yang diduga karena instruktur menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran penerapan metode pembelajaran demonstrasi yang digunakan instruktur selama pelatihan, keaktifan belajar peserta dalam mengikuti pelatihan dan hubungan antara metode demonstrasi dengan keaktifan belajar peserta diklat 3 in 1 Operator Junior Custome Made Wanita di BDI Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta diklat 3 in 1 Operator Junior Custome Made Wanita di Balai Diklat Industri Padang berjumlah 45 orang. Sedangkan sampel diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling, sebanyak 88% (40 orang) karena 12% dari populasi dijadikan sebagai uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar melalui link google form https://bit.ly/AngketPenelitianArindhaSukma. Sedangkan ntuk teknik analisis data digunakan rumus persentase dan rumus product moment.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instruktur telah menggunakan metode demonstrasi dengan baik, peserta diklat sudah memiliki keaktifan belajar yang baik, dan terdapat hubungan yang signifikan antara antara metode demonstrasi dengan keaktifan belajar peserta diklat.Sarannya yaitu sebaiknya dalam setiap kegiatan pelatihan yang mengajarkan suatu bidang keterampilan dan bersifat praktek lebih baik menggunakan metode demonstrasi. Karena metode pembelajaran ini memliki cara dengan konsep belajar melihat kemudian memperagakan. Agar peserta diklat aktif selama pembelajaran, maka proses pembelajaran sebaiknya menggunakan metode demonstrasi, apabila pembelajaran itu berkaitan dengan pemberian suatu keterampilan. Semakin baik pelaksanaan metode demonstrasi, maka semkin aktif pula peserta diklat mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Dec 2021 01:35
Last Modified: 08 Dec 2021 01:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35666

Actions (login required)

View Item View Item