Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 20 Muara Jambu

Dahuri, Okta Fingky (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 20 Muara Jambu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_OKTA_FINGKY_DAHURI_17129244_5145_2021.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN 20 Muara Jambu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil pengamatan perencanan dan pelaksanaanmenggunakan model Discovery Learning. Teknik pengumpulan data berupa dokumen analisis, observasi serta tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta didik kelas IV SDN 20 Muara Jambu yang berjumlah 17 orang. Hasil penelitian yaitu: (1) persentase pengamatan RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 77%, meningkat menjadi 93% pada siklus II. (2) Aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 76,62%, meningkat menjadi 97% pada siklus II. (3) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 76,62%, meningkat menjadi 97% pada siklus II. Sedangkan dari hasil belajar siswa, pada siklus I nilai rata-ratanya 76 kategori baik (dengan rata-rata persentase ketuntasan 58,82% kategori kurang) meningkat menjadi 92 kategori sangat baik (dengan persentase ketuntasan 82,35% kategori baik) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa, model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN 20 Muara Jambu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Dec 2021 01:45
Last Modified: 07 Dec 2021 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35631

Actions (login required)

View Item View Item