Pengembangan E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Discovery Learning Untuk Kelas XI SMA/MA (Development of Discovery Learning Based E-Module on Buffer Solution Topic for Class XI Senior High School (SMA/MA))

Dinata, Agil Aditya and Zainul, Rahadian (2020) Pengembangan E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Discovery Learning Untuk Kelas XI SMA/MA (Development of Discovery Learning Based E-Module on Buffer Solution Topic for Class XI Senior High School (SMA/MA)). EduKimia Journal, 2 (1). pp. 6-11. ISSN 2502-6399

[img]
Preview
Text
18_Turitin_Article_16_Development_of_Discovery.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
18_Pengembangan_E-Modul_Larutan Penyangga.pdf

Download (587kB) | Preview
Official URL: http://edukimia.ppj.unp.ac.id/ojs/index.php/edukim...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan E-Modul Larutan Penyangga berbasis Discovery Learning untuk Kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan model 4-D dengan 4 tahapan adalah: (1) define, (2) design, (3) develop dan (4) disseminate. E-modul ini divalidasi oleh 2 dosen Kimia FMIPA UNP dan 3 guru kimia SMA Pertiwi 1 Padang, sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh 2 guru kimia dan 26 siswa kelas XII MIA SMA Pertiwi 1 Padang. Uji validitas dan praktikalitas dilakukan analisis dengan menggunakan formula kappa cohen sehingga didapatkan rata-rata moment kappa validitas sebesar 0,92 kategori sangat tinggi dan uji praktikalitas guru dan siswa sebesar 0,94 dan 0,83 kategori sangat tinggi. Data tersebut membuktikan bahwa e-modul Larutan Penyangga bisa dikatakan valid dan praktis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, E-Modul, Larutan Penyangga, Research and Development, Model 4-D
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Dec 2021 08:01
Last Modified: 07 Dec 2021 04:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35619

Actions (login required)

View Item View Item