Meningkatkan Pemahaman Konsep Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Blok Dienes bagi Anak Diskalkulia

Wiliati, Wenni (2021) Meningkatkan Pemahaman Konsep Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Blok Dienes bagi Anak Diskalkulia. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_02_WENNI_WILIATI_3639_17003108_2021.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang telah ditemukan peserta didik diskalkulia yang mengalami masalah dalam konsep nilai tempat yaitu tidak dapat membedakan angka yang satuan, puluhan dan ratusan. Tujuan dari dilaksanakan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah media Blok Dienes dapat meningkatkan pemahaman konsep nilai tempat satuan, puluhan dan ratusan bagi anak diskalkulia.Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitain A-B-A, teknik analisis visual grafik, dan jenis ukuran variabel terikat menggunakan frekuensi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes yaitu dengan memberikan soal sebanyak 30 butir untuk setiap sesi. Secara keseluruhan hasil penelitian ini mendapatkan bahwa media blok dienes dapat meningkatkan pemahaman konsep nilai tempat. Peningkatan ini dibuktikan pada fase awal (A1) dengan perolehan frekuensi 8,7,10,10,10. Selanjutkan pada fase intervensi (B) menggunakan media blok dienes selama tujuh kali pertemuan, maka diperoleh frekuensi yang meningkat menjadi 13, 16, 22, 24, 25, 25, 25. Pada fase akhir (A2) mendapatkan perolehan frekuensi 24, 26, 28, 28, 28. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media blok dienes dapat meningkatkan pemahaman konsep nilai tempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:19
Last Modified: 06 Dec 2021 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35570

Actions (login required)

View Item View Item