Implementasi Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Kota Padang

Dewi, Yulisma (2021) Implementasi Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_YULISMA_DEWI_17016085_17016085_4211_2021.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut, Pertama, mendeskripsikan pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Kedua, mendeskripsikan faktor-faktor apa yang menjadi kendala pengimplementasi pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Kota Padang. Ketiga, mendeskripsikan cara sekolah mengatasi kendala-kendala pembelajaran daring di SMP Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Di dalam penelitian kualitatif ini juga menyertakan data kuantitatif yang digunakan peneliti untuk mendukung data kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Padang, SMP Negeri 22 Padang, SMP Negeri 29 Padang, SMP Negeri 40 Padang. Data dalam penelitian ini adalah hasil pengumpulan data tentang pemahaman dan pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan guru bahasa Indonesia di SMP Kota Padang yang diperoleh dari sumber data. Teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis data kualitatif, analisis data kuantitatif, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan disimpulkan beberapa hal. Pertama, secara keseluruhan perencanaan pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Kota Padang, yaitu silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disesuaikan dengan situasi pembelajaran daring. Kedua, secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Kota Padang, yaitu (1) kegiatan pendahuluan pembelajaran daring sebesar 87,4% dengan kategori sangat baik, (2) kegiatan inti pembelajaran daring sebesar 76,2% dengan kategori baik, (3) kegiatan penutup pembelajaran daring sebesar 86,9% denagn kategori sangat baik. Ketiga, Penilaian pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Kota Padang berdasarkan penelitian diketahui bahwa sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dari penilaian pembelajaran daring, yaitu angket penelitian tentang implementasi pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Kota Padang sebesar 78,8% dengan kategori baik. Keempat, kendala implementasi pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Kota Padang, yaitu kurangnya efektifitas dan efisiensi waktu dan berkurangnya antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Kelima, upaya mengatasi kendala implementasi pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Kota Padang, yaitu sekolah memfasilitasi wifi kepada guru, menyedikan labor komputer bagi siswa yang tidak memliki Handphone untuk mengikuti pembelajaran daring, serta pemerintah memberikan kouta gratis setiap bulan kepada guru dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:26
Last Modified: 03 Dec 2021 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35551

Actions (login required)

View Item View Item