Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas V SDN 07 Binuang Kampung Dalam Kota Padang

Sefiyanti, Feren (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas V SDN 07 Binuang Kampung Dalam Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FEREN_SEFIYANTI_17129209_5043_2021.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick di kelas V SDN 07 Binuang Kampung Dalam Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengkombinasikan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebagai observer, peneliti sebagai praktisi, dan siswa kelas V SDN 07 Binuang Kampung Dalam dengan jumlah siswa 11 orang yaitu 7 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Presentase pengamatan RPP pada siklus I 84,7% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 91,7% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, presentase untuk aspek guru pada siklus I yaitu 81,9% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 91,7% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik dan presentase untuk aspek siswa pada siklus I yaitu 81,9% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 91,7% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Sedangkan dari hasil belajar siswa, pada siklus I nilai rata-ratanya 69,9 dengan kualifikasi baik (dengan presentase ketuntasan pertemuan I 18,1% dan pertemuan II 36,3%) meningkat menjadi 81,1 dengan kualifikasi sangat baik (dengan presentase ketuntasan 63,6%) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 07 Binuang Kampung Dalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOOPERATIF TALKING STICK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Dec 2021 06:54
Last Modified: 02 Dec 2021 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35537

Actions (login required)

View Item View Item