Efektivitas Picture Exchange Communcation System untuk Meningkatkan Komunikasi Verbal pada Anak Autis di SD Pembangunan Laboratorium UNP

Zanuir, Lussyatin (2021) Efektivitas Picture Exchange Communcation System untuk Meningkatkan Komunikasi Verbal pada Anak Autis di SD Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_02_LUSSYATIN_ZANUIR_3533_14003127_2021.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan pada anak autis yang berinisial X, yang memiliki kemampuan komunikasi verbal yang rendah dalam mengidentifikasi benda.Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas PECS dalam meningkatkan komunikasi verbal anak autis di SD Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) desain A-B-A dengan subjek penelitian yaitu anak Autis kelas II SD. Pengukuran variabel menggunakan pengukuran persentase.Penelitian ini difokuskan pada pengukuran persentase kemampuan komunikasi verbal dalam mengidentifikasi benda.Kondisi A1 yaitu kondisi Baseline anak sebelum mendapatkan intervensi.Kondisi B yaitu intervensi dengan PECS.Kondisi A2 pada kondisi baseline disaat tidak lagi diberikan intervensi.Target behavior dalam penelitian ini adalah komunikasi verbal.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis visual grafik. Hasil penelitian dianalisis menggunakan dua komponen yaitu analisis dalam kondisi dan antar kondisi yaitu estimasi kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, jejak data dan tingkat perubahan yang menurun secara positif, serta overlap data yang memiliki persentase rendah. Hasil penelitian yang di analisis, mencakup jumlah pengamatan pada kondisi baseline (A1) sebanyak lima kali, kondisi intervensi (B) sebanyak delapan kali, dan pada kondisi baseline (A2) sebanyak lima kali. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa PECS berpengaruh dalam meningkatkan komunikasi verbal yaitu dalam mengidentifikasi benda pada anak autis. Dari hasil penelitian ini, semoga bermanfaat bagi guru dan peneliti selanjutnya jika ditemui masalah yang sama pada anak autis lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Picture Exchange Communication System, Komunikasi Verbal, Autis
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 02 Dec 2021 06:48
Last Modified: 02 Dec 2021 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35522

Actions (login required)

View Item View Item