Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis QR Code pada Materi Volume Bangun Ruang dan Perpangkatan Serta Penarikan Akar Pangkat Tiga terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD

Axelino, Axelino (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis QR Code pada Materi Volume Bangun Ruang dan Perpangkatan Serta Penarikan Akar Pangkat Tiga terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_AXELINO_17129196_2997_2021.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi yang peneliti lakukan di SD Gugus Batu Balang, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota bahwa guru masih menggunakan media pembelajaran konvensional, padahal seperti yang kita ketahui sekarang perkembangan teknologi sudah sangat pesat dan guru-guru dituntut untuk mampu menggunakan teknologi terlebih di saat sekarang ini, karena jika guru-guru tidak beradaptasi maka akan tertinggal, selain itu juga ada peneliti yang telah mengembangkan media pembelajaran berbasis QR Code yang menghasilkan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Berdasarkan observasi tersebut, peneliti memberikan solusi dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis QR Code pada materi volume bangun ruang dan perpangkatan serta penarikan akar pangkat tiga terhadap hasil belajar siswa kelasV SD yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan (2010:93), dengan tahap define, design, develop, dan disseminate. Media pembelajaran yang dirancang divalidasi oleh validator kemudian diujicobakan di Kelas V SD UPTD SD Negeri 01 Batu Balang untuk mengetahui praktikalitas dan efektifitas media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil media pembelajaran yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat validitas media pembelajaran dengan jumlah keseluruhan nilai yaitu 81% dalam kategori sangat valid. Kemudian untuk praktikalitas media pembelajaran berdasarkan angket untuk guru memperoleh nilai 86,67% dalam kategori sangat praktis dan berdasarkan angket untuk siswa memperoleh nilai 93,56% dalam kategori sangat praktis, selain itu untuk hasil belajar siswa memperoleh rata-rata 79,83, dan hasil efektifitas media pembelajaran yaitu 75,86% dilihat dari presentase jumlah ketuntasan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: QR CODE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Dec 2021 01:16
Last Modified: 02 Dec 2021 01:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35505

Actions (login required)

View Item View Item