Pengaruh Penanaman Modal dalam Negeri, Penanaman Modal Asing, dan Infrastruktur Transportasi terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Ayunda, Novira Putri (2021) Pengaruh Penanaman Modal dalam Negeri, Penanaman Modal Asing, dan Infrastruktur Transportasi terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_NOVIRA_PUTRI_AYUNDA_17060124_2692_2021.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penanaman modal dalam negeri, penanaman modal asing dan infrastruktur transportasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia, jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif daa yang digunakan adalah data sekunder dari tahun 1980 sampai tahun 2019 yang dikumpulkan melalui dokumentasi dan instansi terkait. Penelitian ini menggunaan analisis regresi linear berganda dan Eror Correction Model (ECM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penanaman modal dalam negeri tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia dalam jangka panjang di tandai dengan probabilitas sebesar 0,1997 > α = 5%, begitu juga dalam jangka pendek penanaman modal dalam negeri tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dengan probabilitas 0.3585 > α = 5%, penanaman modal asing berpengaruh siginifikan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dalam jangka panjang dengan probabilitas sebesar 0.0137 < α = 5%, begitu juga dalam jangka pendek penanaman modal asing berpengaruh signifikan dalam meningkatkan partum buhan ekonomi Indonesia dengan probabilitas 0.0227 < α = 5%, Infrastruktur transportasi dalam jangka panjang berpengaruh signifikan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan probabilitas 0.0000 < α = 5%,, sedangkan dalam jangka pendek Infrastruktur transportasi pendek tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan probabilitas 0.2563 > α = 5%. Diperlukan perhatian penuh terhadap investasi dalam negeri, karena dengan meningkatnya investasi dalam negeri dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia, melalui multiplier effect di berbagai sektor ekonomi. selain itu juga dapat mengurangi kebutuhan masyarakat akan modal asing, yang dapat meningkatkan swasembada negara dan dapat mengurangi beban utang luar negeri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Dec 2021 07:04
Last Modified: 01 Dec 2021 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35490

Actions (login required)

View Item View Item