Efektivitas Metode Visual Auditori Kinestetik Taktil untuk Meningkatkan Keterampulan Artikulasi Pada Anak Tunarungu

Pratiwi, Anisa Riski (2021) Efektivitas Metode Visual Auditori Kinestetik Taktil untuk Meningkatkan Keterampulan Artikulasi Pada Anak Tunarungu. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_02_ANISA_RISKI_PRATIWI_3632_17003049_2021.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keefektivan metode visual auditori kinestetik taktil untuk meningkatkan keterampilan artikulasi pada anak tunarungu. Salah satu anak hambatan pendengaran di SLB Luak Nan Bungsu mengalami gangguan pada artikulasi dengan konsonan dental dan konsonan alveolar. Anak mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan guru, orang tua dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian SSR (Single Subject Research) dan jenis penelitian eksperimen dengan desain A-B-A. Pada desain A-B-A ini terdapat tiga kondisi, yaitu Baseline-1 (A1), Intervensi (B), dan Baseline-2 (A2). Sementara itu, untuk teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan asesmen. Kemudian analisis data yang digunakan merupakan analisis visual grafik. Penelitian ini mendapatkan bahwa metode VAKT efektiv untuk meningkatkan keterampilan artikulasi pada anak tunarungu. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pengingkatan pada kondisi baseline-2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode ini dapat meningkatkan keterampilan artikulasi pada anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Visual, Auditori, Kinestetik, Taktil, VAKT, SSR, Artikulasi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 01 Dec 2021 01:51
Last Modified: 01 Dec 2021 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35487

Actions (login required)

View Item View Item