Meningkatkan Keterampilan Memasang Baju Berkancing melalui Media Boneka

Daulay, Ahmad Helmi Yuzairi (2021) Meningkatkan Keterampilan Memasang Baju Berkancing melalui Media Boneka. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_02_AFINI_ERIJA_1990_16003001_2021.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di Yayasan Karya Inspirasi Mandiri kelas III C1. Terdapat satu orang siswa mengalami masalah dalam kemampuan memasang baju berkancing. Selama ini guru menggunakan metode demonstrasi, ceramah dan Tanya jawab dalam pembelajaran memasang baju berkancing dengan penugasan secara individual. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memasang baju berkancing melalui media boneka. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka dan setiap pembelajaran dilakukan evaluasi. Siklus yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran memasang baju berkancing untuk anak down syndrome dilakukan melalui media boneka. 2) kemampuan memasang baju berkancing untuk anak down syndrome kelas III meningkat melalui media boneka. Hal ini dapat dilihat dari data sebelum tindakan kemampuan anak dalam 12 indikato rmemasang baju berkancing yakni AA adalah 37.5 %. Sedangkanpadaakhirsiklus I kemampuanAA meningkat (62.5%)dam Pada siklus II kemampuan AA meningkat menjadi (83.3%). Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan memasang baju berkana dapat meningkatkan melalui media boneka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Downsyndrome, memasang baju berkancing, media boneka. Downsyndrome, memasang baju berkancing, media boneka. Downsyndrome, memasang baju berkancing, media boneka. Downsyndrome, memasang baju berkancing, media boneka. Downsyndrome, memasang baju berkancing, media boneka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 01 Dec 2021 01:51
Last Modified: 01 Dec 2021 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35484

Actions (login required)

View Item View Item