Sri, Wahyuni (2021) Pengaruh Penggunaan Ludo Kimia sebagai Media Chemo- Edutaiment Materi Reaksi Redoks serta Tata Nama Senyawa terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_07_SRI_WAHYUNI_17035044_4343_2021.pdf Download (273kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan ludo kimia sebagai media Chemo- edutainment materi reaksi redoks serta tata nama senyawa terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MAN 2 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasy Experiment Research) dengan rancangan Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA di MAN 2 Padang. Sampel yang terpilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling adalah kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Sumber data diperoleh dari hasil post- test dan teknik analisa data menggunakan uji Independent t-test (Uji-t). Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen (83,63) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (78,13) dan analisa uji-t yang memperoleh nilai sig 0,006 pada taraf nyata α = 0,05. Selanjutnya juga didukung oleh persentase ketuntasan belajar, kelas eksperimen memperoleh 87,5% sedangkan kelas kontrol 81,25%. Berdasarkan hasil analisa data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan ludo kimia sebagai media Chemo-edutaiment materi reaksi redoks serta tata nama senyawa terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MAN 2 Padang
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LUDO KIMIA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 02:45 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 01:54 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35465 |
Actions (login required)
View Item |