Pengembangan Media Jeopardy Game dalam Pembelajaran Sejarah untuk Siswa Kelas X di SMA N 1 Lubuk Basung

Lavenia, Sonia (2019) Pengembangan Media Jeopardy Game dalam Pembelajaran Sejarah untuk Siswa Kelas X di SMA N 1 Lubuk Basung. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_02_Sonia_Lavenia_14046091_1443_2019.pdf

Download (830kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Jeopardy Game dalam pembelajaran sejarah pada materi corak kehidupan masyarakat pada masa praaksara kelas X IPA 2 SMA N egeri 1 Lubuk Basung. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan media Jeopardy Game yang digunakan untuk guru maupun siswa dalam pembelajaran sejarah. J enis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development), dengan mengikuti model 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Desseminate atau diadaptasikan menjadi 4P yaitu Pendefenisian, Perancangan, Pengembangan, dan penyebarluasan. N amun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Subjek uji coba penelitian ini dilakukan uji validitas dan praktikalitas berdasarkan penelitian dari ahli materi, ahli media, guru sej arah, dan siswa dengan menggunakan angket untuk menilai kelayakan dan kepraktisan media. Data analisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini pada tahap pertama yaitu pendefenisian yang dilakukan dengan cara analisis kebutuhan dan analisis kurikulum. Tahap kedua perancangan yang dilakukan dengan langkah-langkah yaitu ; 1) mengumpulkan sumber data dan objek media; 2) membuat sketsa; 3) membuat media Jeopardy Game dengan aplikasi Adobe Flash Professional CS6. Tahap ketiga yaitu pengembangan dengan cara meminta validator ahli materi dan ahli media untuk memvalidasi media Jeopardy Game berdasarkan instrumen angket yang telah dibuat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan media berdasarkan penilaian dari ahli materi dengan rerata 3,40 dan penilaian dari ahli media dengan rerata 3,46, hal ini menunjukkan bahwa media Jeopardy Game dalam pembelajaran sejarah sangat layak untuk digunakan. Sedangkan untuk uji coba praktikalitas oleh guru diperoleh rata-rata penilaian sebesar 3,68 dan siswa diperoleh rata-rata penilaian sebesar 3,58 yang menunjukkan bahwa media Jeopardy Game dalam pembelajaran sejarah sangat praktis. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang peneliti kembangkan berupa media Jeopardy Game sudah layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran sejarah di SMA N egeri 1 Lubuk Basung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:31
Last Modified: 26 Nov 2021 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35437

Actions (login required)

View Item View Item