Pengembangan Modul Elektronik (E• Modul dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA

Ayu, Salma Margi (2019) Pengembangan Modul Elektronik (E• Modul dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_02_Salma_Margi_Ayu_14046090_1442_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul elektronik sebagai bahan ajar sejarah Indonesia untuk SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE. Model ini terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap Implementation. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 4 SMAN 1 Gunung Talang. Uji validitas dan Praktikalitas penelitian berdasarkan penilaian ahli materi, bahan ajar, guru dan siswa dengan menggunakan angket. Modul elektronik yang layak atau valid digunakan menurut penilaian validator dilihat pada aspek tampilan e-modul yang dikategorikan sangat valid yaitu terletak pada tampilan cover, background, gambar, tata letak isi e-modul, perpaduan wama, video dan audio, teks yang disajikan dan tombol navigasi mudah digunakan, untuk kategori valid yaitu jenis dan ukuran huruf, serta pemilihan animasi yang digunakan dalam e-modul. Komponen kebahasaan, pada item e-modul sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, kalimat yang digunakan sederhana, dan bahasa mudah dipahami dikategorikan sangat valid. Kemudian item e-modul dapat meningkatkan minat serta mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran dikategorikan sangat valid. E-modul yang praktis digunakan menurut penilaian guru, dilihat pada item e-modul mempermudah siswa, e-modul meningkatkan motivasi, sajian e-modul menarik, e-modul membantu peran guru sebagai fasilitator dinilai sangat praktis. Kepraktisan penggunaan pada item e-modul dapat digunakan berulang-ulang dan e-modul membuat waktu lebih efisien dikategorikan praktis, sedangkan e-modul mudah digunakan dikategorikan sangat praktis. Kelayakan isi/materi pada item materi sesuai KD, peta konsep, gambar dan video sesuai materi dinilai sangat praktis, materi sesuai tujuan pembelajaran dan soal-soal yang dibuat membantu siswa memahami materi dinilai praktis. Tampilan e-modul pada item pemilihan jenis dan ukuran huruf, video dan gambar membantu memperjelas materi, perpaduan wama yang digunakan bervariasi dikategorikan sangat praktis, untuk desain tampilan dan penggunaan tombol navigasi dikategorikan praktis. Modul elektronik yang praktis digunakan menurut penilaian siswa pada item e-modul mempermudah siswa dan meningkatkan motivasi siswa, e-modul tidak membosankan, e-modul memperjelas materi dikategorikan sangat praktis. Item e-modul mudah digunakan, dapat digunakan kapanpun, dapat digunakan berulang-ulang, membuat waktu menjadi lebih efisien dikategorikan sangat praktis. Item gambar, video dan suara mempermudah memahami materi, sajian gambar j elas dan menarik, bahasa mudah dipahami, pemilihan background dan huruf, desain e-modul dan suara yang digunakan jelas dikategorikan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:31
Last Modified: 26 Nov 2021 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35436

Actions (login required)

View Item View Item