Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Roman Picisan Karya Eddy. D. Iskandar dan Implikasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Seprianto, Micel (2021) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Roman Picisan Karya Eddy. D. Iskandar dan Implikasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MICEL_SEPRIANTO_17016064_4665_2021.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Roman Picisan karya Eddy Iskandar, kedua, mendeskripsikan implikasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Roman Picisan karya Eddy. D. Iskandar terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah data tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Roman Picisan karya Eddy. D. Iskandar. Data tersebut berupa frasa, kata dan kalimat yang terdapat dalam novel Roman Picisan. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Roman Picisan karya Eddy. D. Iskandar, yang diterbitkan pada tahun 2017 oleh penerbit Yrama Widya dengan tebal 264 halaman. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan bantuan tambahan format lembaran pencatatan dan mendeskripsikan data yang ditemukan dalam bentuk analisis. Teknik pengumpulan data yaitu membaca berulang-ulang, melakukan studi kepustakaan. Teknik analisis data adalah teknik deskripsi kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, ditemukan Sembilan jenis nilai pendidikan karakter dalam novel Roman Picisan karya Eddy. D. Iskandar. Pertama, nilai pendidikan karakter jujur. Kedua, nilai pendidikan karakter kerja keras. Ketiga, nilai pendidikan karakter mandiri . Keempat, nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu. Kelima, nilai pendidikan karakter menghargai prestasi. Keenam, nilai pendidikan karakter bersahabat. Ketujuh, nilai pendidikan karakter cinta damai. Kedelapan, nilai pendidikan gemar membaca. Kesembilan, nilai pendidikan karakter peduli. Implikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah pada materi pembelajaran teks novel KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel, dan KD 4.9 Merancang novel dengan memerhatikan isi dan kebahsaan baik secara lisan maupun tulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Nov 2021 07:42
Last Modified: 25 Nov 2021 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35423

Actions (login required)

View Item View Item