Analisis Hubungan Self-Efficacy dengan Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Hiliran Gumanti

Hayati, Miftahul (2021) Analisis Hubungan Self-Efficacy dengan Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Hiliran Gumanti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MIFTAHUL_HAYATI_17031162_3698_2021.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan kompetensi belajar biologi di kelas XI MIPA SMAN 1 Hiliran Gumanti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi. Sampel penelitian berjumlah 42 orangpeserta didik yang terdiri dari 2 kelas di SMAN 1 Hiliran Gumanti. Teknik pengambilan sampel adalah saturation sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket self-efficacy. Data penelitian dianalisis menggunakan korelasi spearman rank kemudian dilakukan uji-t untuk mengetahui korelasinya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy dengan kompetensi belajar biologi peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Hiliran Gumanti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara self-efficacy dengan kompetensi belajar biologi peserta didik pada kelas XI MIPA SMAN 1 Hiliran Gumanti dengan nilai r sebesar 0.47 dan thitung yaitu 3.43 lebih besar dari ttabel yaitu 2.02 dengan nilai Koefisien Penentu sebesar 22,7% artinya self-efficacy mempengaruhi kompetensi belajar biologi peserta didik sebesar 22.7 % dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar self-efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SELF-EFFICACY
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Nov 2021 08:00
Last Modified: 24 Nov 2021 08:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35402

Actions (login required)

View Item View Item