Hayati, Miftahul (2021) Analisis Hubungan Self-Efficacy dengan Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Hiliran Gumanti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_03_MIFTAHUL_HAYATI_17031162_3698_2021.pdf Download (267kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan kompetensi belajar biologi di kelas XI MIPA SMAN 1 Hiliran Gumanti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi. Sampel penelitian berjumlah 42 orangpeserta didik yang terdiri dari 2 kelas di SMAN 1 Hiliran Gumanti. Teknik pengambilan sampel adalah saturation sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket self-efficacy. Data penelitian dianalisis menggunakan korelasi spearman rank kemudian dilakukan uji-t untuk mengetahui korelasinya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy dengan kompetensi belajar biologi peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Hiliran Gumanti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara self-efficacy dengan kompetensi belajar biologi peserta didik pada kelas XI MIPA SMAN 1 Hiliran Gumanti dengan nilai r sebesar 0.47 dan thitung yaitu 3.43 lebih besar dari ttabel yaitu 2.02 dengan nilai Koefisien Penentu sebesar 22,7% artinya self-efficacy mempengaruhi kompetensi belajar biologi peserta didik sebesar 22.7 % dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar self-efficacy.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SELF-EFFICACY |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 08:00 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 08:00 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35402 |
Actions (login required)
View Item |