Analisis Hubungan Self-efficacy dengan Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik di SMA Pertiwi 2 Padang

Sari, Maharani Kurnia (2021) Analisis Hubungan Self-efficacy dengan Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik di SMA Pertiwi 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MAHARANI_KURNIA_SARI_17031158_4347_2021.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Kompetensi belajar merupakan hasil yang diperoleh peserta didik setelah melakukan proses pembelajaran. Proses pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya self-efficacy. Self-efficacy merupakan suatu keyakinan yang dimiliki peserta didik terhadap kemampuanya. Self-efficacy membantu peserta didik untuk mengatasi berbagai kesulitan baik selama belajar maupun bertahan disituasi yang tidak mendukung seperti pandemi Covid-19. Pengukuran self-efficacy mengacu pada 3 dimensi yaitu magnitude/level, strength, dan generality. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMA Pertiwi 2 Padang diketahui bahwa tingkat keseriusan dan motivasi peserta didik selama proses pembelajaran rendah, sehingga dapat mempengaruhi kompetensi belajar yang diperoleh peserta didik. Selain itu belum dilakukannya pengukuran terhadap self-efficacy peserta didik. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui hubungan self- efficacy peserta didik dengan kompetensi belajar biologi peserta didik di SMA Pertiwi 2Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jenis korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X, XI, dan XII MIPA di SMA Pertiwi 2 Padang Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 70 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu saturation sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket self-efficacy dan nilai ujian akhir (UAS) ganjil mata pelajaran biologi. Sedangkan Analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Secara umum hasil penelitian menunjukan bahwa self-efficacy peserta didik kelas X, XI, dan XII MIPA di SMA Pertiwi 2 Padang berada pada kategori cukup dengan persentase 88,57%. Selanjutnya terdapat hubungan positif dan signifikan antara self-efficacy dengankompetensi belajar biologi peserta didik di SMA Pertiwi 2 Padang dengan nilai thitung sebesar 1,868 dan nilai korelasi sebesar 0,222 dengan interpretasi rendah atau lemah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SELF-EFFICACY
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:59
Last Modified: 24 Nov 2021 07:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35396

Actions (login required)

View Item View Item