Hubungan antara Konsep Diri dan Kecerdasan Linguistik dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Fitri, Rahmiatul and Bentri, Alwen and Taufina, Taufina and Mayar, Farida (2020) Hubungan antara Konsep Diri dan Kecerdasan Linguistik dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11 (1). pp. 67-74. ISSN Print: 2086-6356 - Online: 2614-3674

[img]
Preview
Text
42_FARIDA_MAYAR_Hubungan_Antara_Konsep_Diri_dan_Kecerdasan_Linguistik_dengan_Kepercayaan_Diri_Siswa.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/ar...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang menghambat proses belajar mengajar karena dalam pembelajaran bahasa Indonesia menuntut siswa aktif mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan kecerdasan linguistik dengan kepercayaan diri siswa kelas V dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian ini tergolong penelitian korelasional. Fakta menunjukkan kurangnya kepercayaaan diri siswa ketika proses pembelajaran bahasa Indonesia. Aspek menyimak terlihat siswa kurang memiliki kemampuan yang baik dalam menyimak karena materi menyimak yang dianggap sulit dipahami oleh siswa. Siswa kurang percaya diri untuk berbicara terutama berbicara di depan kelas. Kemampuan berbicara kurang dilatih sejak dini sehingga berlanjut sampai ke tingkat yang lebih tinggi. Pembelajaran membaca seringkali diidentikkan dengan membaca pemahaman, membaca sekilas, dan sebagainya semua proses membaca mempengaruhi kepercayaan diri yang menurunkan kecerdasan linguistiknya. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang percaya diri dapat menyimak dengan baik dengan menonjolkan pemahaman konsep diri yang meningkatkan kepercayaan diri terhadap hasil simakannya. Berbicara meningkatkan percaya diri siswa ketika berbicara di depan kelas. Ketika telah dipahami bagaimana konsep diri pribadi siswa, siswa menjadi percaya diri berbicara di kelas karena pembelajaran bahasa Indonesia kemampuan siswa dalam berbicara lebih banyak dilatih baik berbicara di depan kelas maupun ketika diskusi kelas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Kecerdasan Linguistik, Kepercayaan Diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 15 Nov 2021 07:03
Last Modified: 15 Nov 2021 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35308

Actions (login required)

View Item View Item