Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Perputaran Persediaan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas Perusahaan di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Sub Sektor Ritel yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Ibrahim, Aliffi (2021) Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Perputaran Persediaan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas Perusahaan di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Sub Sektor Ritel yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ALIFFI_IBRAHIM_17053042_5191_2021.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan, perputaran persediaan dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sektor ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada kuartal pertama sampai kuartal ketiga tahun 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada kuartal pertama sampai kuartal ketiga tahun 2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan terdapat sebanyak 23 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dengan teknik dokumentasi dengan cara mengakses situs www.idx.co.id. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa variabel yang mempengaruhi profitabilitas secara parsial adalah pertumbuhan penjualan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, variabel perputaran persediaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas dengan nilai signifikansi sebesar 0.693 > 0.05 dan variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas dengan nilai signifikansi sebesar 0.085 > 0.05. Sedangkan untuk pengujian secara simultan variabel pertumbuhan penjualan, perputaran persediaan dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap profitabilitas dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Besaran pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 41.2 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERTUMBUHAN PENJUALAN
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Nov 2021 02:29
Last Modified: 12 Nov 2021 02:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35260

Actions (login required)

View Item View Item