Hubungan Persepsi Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mengenai Proses Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Kependidikan dengan Minat Menjadi Guru

Syafitri, Syarah Rahma (2021) Hubungan Persepsi Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mengenai Proses Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Kependidikan dengan Minat Menjadi Guru. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SYARAH_RAHMA_SYAFITRI_16075149_3397_2021.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh observasi awal terhadap persepsi mahasiswa mengenai proses pelaksanaan pengalaman lapangan kependidikan yang dialami mahasiswa masih kurang, hal ini disebabkan oleh adanya beberapa masalah yang didapatkan saat proses pelaksanaan PLK, yaitu: (1) mahasiswa mengalami kesulitan berkomunikasi degan guru pamong, (2) pekerjaan yang dikerjakan melebihi kapasitas, dan (3) kesulitan menghadapi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan persepsi mahasiswa mengenai proses pelaksanaan PLK, minat menjadi guru mahasiswa, dan hubungan persepsi mahasiswa pendidikan kesejahteraan keluarga mengenai proses pengalaman lapangan kependidikan dengan minat menjadi guru. Jenis penelitian ini adalah Korelasi dengan pendekatan Ex-Post Facto. Populasi pada penelitian ini yaitu, seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga KeahlianPendidikan Tata Busana Angkatan 2016, yang telah lulus dari pelaksanaan Pengalaman Lapangan Kependidikan. Sampel penelitian sebanyak 60 orang yang di ambil secara teknik sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu (1) Analisis Deskriptif, (2) Uji Persyaratan Analisis, yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, dan (3) Uji Hipotesis. Penelitian ini mengungkapkan Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mengenai Proses Pelaksanaan PLK berada pada kategori baik yaitu sebesar 90,15 % tingkat ketercapaiannya. Minat Menjadi Guru Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga termasuk kedalam kategori sangat baik yaitu sebesar 88,68 % tingkat ketercapaiannya. Terdapatnya hubungan yang positif dan signifikan, berdasarkan interprestasi nilai r yang berada pada kategori hubungan cukup yang dibuktikan dengan nilai Person Correlation 0,467 pada Hubungan antara perpesi mahasiswa Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga mengenai proses pelaksanaan PLK dengan minat menjadi guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Menjadi Guru, Pengalaman Lapangan Kependidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Nov 2021 02:14
Last Modified: 12 Nov 2021 02:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35251

Actions (login required)

View Item View Item