Dampak Pembelajaran Daring di Taman Kanak-Kanak terhadap Sense of Belonging pada Teman, Sekolah, dan Guru

Yulia, Resti and Mayar, Farida and Safrizal, Safrizal (2021) Dampak Pembelajaran Daring di Taman Kanak-Kanak terhadap Sense of Belonging pada Teman, Sekolah, dan Guru. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Anak Usia Dini, 3 (2). pp. 78-84. ISSN Print: 2655-6571 - Online: 2655-6561

[img]
Preview
Text
45_FARIDA_MAYAR_DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DI TAMAN KANAK-KANAK.pdf

Download (539kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/article/vie...

Abstract

Pembelajaran daring menjadi isu yang paling banyak dibacarakan pada saat pandemi. Hal itu disebabkan karena sebagian besar stakeholder belum siap untuk melaksanakan pembelajaran secara daring, baik itu kendala teknis maupun kendala non teknis. sayangnya pembelajaran daring justru menyentuh semua kalangan, baik itu jenjang Perguruan Tinggi hingga jenjang Taman Kanak-kanak. Alhasil, pembelajaran daring pada jenjang TK tidak berjalan maksimal bahkan mengundang keluhan dari para orangtua di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring di taman kanak-kanak terhadap sense of belonging siswa pada Teman, Sekolah, dan guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan peneliti sebagai instrumen. Untuk memperoleh data yang lengkap, peneliti menggunakan tiga prores pengumpulan data, yakni wawancara mendalam, observasi partisipasi, serta dokumentasi. Guna memperoleh data penelitian yang kredibel, analisis data merujuk pada model miles and huberman dengan triangulasi sebagai teknik penjaminan keabsahan data. Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran daring bagi siswa TK yang baru masuk atau yang sudah bersekolah membuat mereka kehilangan rasa memiliki. Beberapa temuan dideskripsikan ketidakmauan anak dalam mengikuti pembelajaran daring karena mereka tidak mengenal gurunya, sekolahnya, dan temannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Sense of Belonging
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 09 Nov 2021 02:26
Last Modified: 12 Nov 2021 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35210

Actions (login required)

View Item View Item