Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Rupa Materi Menggambar Ilustrasi dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 13 Mukomuko

Wadi, Cendra (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Rupa Materi Menggambar Ilustrasi dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 13 Mukomuko. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Cendra_Wadi_17020037_4138_2021.pdf

Download (524kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hasil belajar siswa pada pembelajaran Seni Rupa materi pokok menggambar ilustrasi melalui penerapan metode Tutor Sebaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Mukomuko yang berjumlah 150 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 13 Mukomuko dengan jumlah 25 siswa. Pendekatan penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, instrumen penelitian ini berupa lembar observasi. Jenis analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik paired sampels T test menggunakan SPSS versi 16,0. Berdasarkan pengolahan data diketahui bahwa terdapat perubahan Hasil belajar siswa pada pembelajaran seni rupa materi pokok menggambar ilustrasi yang ditandai dengan meningkatnya persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 13 Mukomuko pada setiap siklusnya dengan penerapan metode pembelajaran tutor sebaya. Diketahui Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 48%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 68% dan menjadi 92% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 13 Mukomuko bisa meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Nov 2021 07:29
Last Modified: 08 Nov 2021 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35175

Actions (login required)

View Item View Item