Dampak Pembelajaran Daring di SMP Negeri 43 Padang

Febriyanti, Deah (2021) Dampak Pembelajaran Daring di SMP Negeri 43 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_DEAH_FEBRIYANTI_17023006_3538_2021.pdf

Download (687kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini ialah siswa mengalami kesulitan dalam menerima dan memahami materi seni budaya, apalagi dalam pembelajaran seni musik bersifat teori dan praktek. Sedangkan guru hanya bisa memberikan materi pembelajaran melalui link geschool. Dan kemungkinan prestasi siswa juga ikut berdampak bila dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka sebelumnya.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Dampak Pembelajaran Daring di SMP Negeri 43 Padang. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Dalam penelitian ini yang dijadikan objek penelitian ialah siswa kelas VII 3 SMP Negeri 43 Padang tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian, instrument utama yaitu peneliti sendiri, dengan didukung dengan dokuemntasi berupa kamera hp, foto, wawancara langsung dan wawancara daring melalui alat komunikasi whatsapp, dan alat-alat tulis. Teknik pengumpulan data berpa studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian bahwa dampak pada hasil belajar siswa menurun baik segi kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Disamping itu, interaksi sosial terhadap guru melalui pembelajaran daring kurang terbangun interaksi antar siswa ke siswa maupun siswa ke guru. Sedangkan pada guru dampak pembelajaran tidak optimal atau sangat terbatas, penilaian guru terkait kehadiran dengan hasil belajar ini tidak sesuai dengan belajar siswa tidak serius. Pengawasan guru tidak bisa mengawas aktivitas siswa secara baik. Dengan demikian dampak pembelajaran daring pada mata pelajaran seni rupa di kelas VII 3 berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah dan motivasi siswa yang rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Nov 2021 01:52
Last Modified: 04 Nov 2021 01:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35138

Actions (login required)

View Item View Item