Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Discovery Learning pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan untuk Siswa Kelas IV SD

Anissi, Rinta Adestya (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Discovery Learning pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan untuk Siswa Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RINTA_ADESTYA_ANISSI_16129216_2113_2021 (1).pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan IPTEK mendorong upaya pembaruan dan pemanfaatan hasil teknologi melelui penggunaan media pembelajaran. Namun, kenyataan yang ditemukan dilapangan penggunaan media pembelajaran professional masih sangat banyak ditemukan, guru-guru belum mampu memanfaatkan teknologi yang ada untuk menciptakan suatu pembaruan dengan adanya bantuan teknologi. Model Discovery Learning merupakan suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara belajar aktif dengan menemukan sendiri.Oleh sebab itu, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah proses pengembangan dan kelayakan Multimedia Interaktif berbasis model Discovery Learning pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan untuk Siswa Kelas IV SD?”. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat kelayakan multimedia interaktif berbasis model Discovery Learning pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan untuk Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther Sutopo. Prosedur pengembangan ini dimulai dari Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Pengujian dilakukan dengan ahli media oleh dosen dari Teknologi Pendidikan, ahli materi dan ahli bahasa oleh dosen dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dilakukan juga revisi pada produk yang dikembangkan tersebut sesuai saran-saran ahli. Berdasarkan tahap-tahap pada model pengembangan ini diperoleh hasil validitas multimedia interaktif berbasis model Discovery Learning pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan untuk Siswa Kelas IV SD, yang dinyatakan valid dengan persentase 87% yang berarti multimedia interaktif berbasis model Discovery Learning dapat digunakan sebagai multimedia interaktif berbasis model Discovery Learning untuk Siswa Kelas IV pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan subtema 2 pembelajaran 1 dan 2 dan subtema 3 pembelajaran 1 di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:31
Last Modified: 28 Oct 2021 02:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34946

Actions (login required)

View Item View Item