Efektifias Metode Forward Chaining Untuk Meningkatkan Keterampilan Memasang Baju Berkancing bagi Anak Cerebral Palsy: Single Subject Research Kelas II di SLB Negeri 1 Kepaiang Bengkulu

Riani, Rani (2021) Efektifias Metode Forward Chaining Untuk Meningkatkan Keterampilan Memasang Baju Berkancing bagi Anak Cerebral Palsy: Single Subject Research Kelas II di SLB Negeri 1 Kepaiang Bengkulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_RANI_RIANI_17003030_4064_2021.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dengan studi pendahuluan yang dilaksanakan di kelas II SLB Negeri 1 Kepahiang Bengkulu, di mana terdapat satu orang anak cerebral palsy berinisial BI yang mengalami permasalahan dalam memasang baju berkancing. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A, dimana (A1) kondisi baseline yaitu kemampuan awal keterampilan memasang baju berkancing anak sebelum diberikan intervensi. (B) adalah kondisi intervensi yaitu kondisi saat anak diberikan intervensi dengan memakai metode forward chaining. Dan kondisi baseline (A2) setelah tidak lagi diberikan intervensi. Target behaviornya yaitu anak mampu memasang baju berkancing. Teknik analisis datanya yaitu digambarkan ke dalam bentuk analisis visual dan grafik. Pada kondisi baseline (A1) didapatkan hasil mean level pada keterampilan memasang baju berkancing besar 33,82 mean pada kancing sedang 36,76 dan mean pada kancing kecil 33,82. Pada kondisi intervensi (B) dengan mean level pada keterampilan memasang baju berkancing besar 64,69 mean pada kancing sedang 90,1 dan mean pada kancing kecil 76,48. Di kondisi (A2) di dapat mean level pada keterampilan memasang baju berkancing ukuran besar 97,05 dan mean pada kancing sedang 98,52 dan mean pada kancing kecil 97,05. Hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, jejak data dan perubahan level yang menunjukkan peningkatan keterampilan memasang baju berkancing menggunakan metode forward chaining yaitu meningkat positif. Persentase overlap pada kondisi baseline (A1) 0%. Dan pada kondisi (A2) adalah 0% untuk baju berkancing besar, 0% untuk kancing sedang dan 0% untuk kancing kecil. Dengan demikian hipotesis diterima berarti metode forward chaining dapat meningkatkan keterampilan memasang baju berkancing bagi anak cerebral palsy di kelas II SLB Negeri 1 Kepahiang Bengkulu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:26
Last Modified: 28 Oct 2021 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34942

Actions (login required)

View Item View Item